Resensi Buku Mengurai Makna; Aksara Tak Berujung

CategoriesArtikelResensiTagged ,

Puisi “ Cerita Sang Penanti “ merupakan salah satu karya santri Lampung yang sukses menyabet Juara dalam ajang menulis puisi nasional yang diselenggarakan oleh penerbit CV. Safana Media Loka dengan kategori Terunik 1 di daerah Banjarnegara, Jawa Tengah secara online. Karya ini ditulis pada sekitar bulan April 2022 yang mana mengambil kisah dari teman-temannya yang melalui beratnya masa itu namun mereka yakin bahwa penantian mereka tidak akan sia-sia. Diambil dari pemikiran sederhana Puisi “Cerita Sang Penanti” mampu meraih hati para juri dalam penilaiannya, hanya bertulis beberapa bait kata namun makna didalamnya seakan meraih lebih dari 10 tahun masanya. Selain ditulis oleh jemari mahasiswa Lampung, karya ini juga merupakan satu dari sekitar 100 puisi yang tercetak di sebuah buku bertajuk Aksara Tak Berujung 2 yang sebelumnya telah terbit musim pertama. Bergenre cukup melow mampu membuat pembaca terhanyut dalam kisahnya.

Kemudian perihalnya menceritakan tentang dua sejoli yang sedang melalui masa LDR (Long Distance Relationship) atau biasa disebut hubungan jarak jauh yang sama sekali tidak bisa bertukar kabar. Namun di sini hanya menceritakan salah satu dari keduanya, yang mana di suatu saat ia sedang duduk menenangkan diri bersama seduhan kopi hanya sendiri hingga larut termenung akan kerinduannya kehangatan kopinya sampai memudar. Selain itu di tempat yang berbeda namun dengan perasaan yang sama ia masih menantikan sosok yang ia rindukan yang berpisah dengan jangka lama. Di tepian pantai ia sempat tersenyum melihat ombak laut yang berkejar-kejaran karena terhempas angin, tapi lagi-lagi itu hanya halusinasi belaka.

resensi-mengurai-makna-aksara-tak-berujung b

Ia sempat merasa bosan dan lelah dengan apa yang ia lalui, ia tidak ingin terus menerus mengingat masa lalunya meski indah ia hanya ingin sosok yang dirindukan ada di hadapannya secara nyata. Demikian ia selalu senantiasa berdoa untuk kebaikan orang yang ia rindukan berharap keajaiban datang padanya. Pada bait terakhir yang berlatar pesisir pantai merupakan sepenggal fakta bahwa penulis hidup di pesisir pantai sehingga ia mampu meng-ekspresikan pemikirannya secara luas disana.

Identitas Buku

Judul        : Aksara Tak Berujung 2
Penulis      : Ellya Eva Kumala, Eka Rizky, Princess Julia, Sekar Jihan, dkk
Penerbit     : CV. Safana Media Loka, Banjarnegara, Jawa Tengah
Tahun terbit : 2022
Tebal buku   : 139 halaman
Nomor ISBN   : 62-192-5177-397

Resensi Oleh Ellya Eva Kumala, Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Syariah Darusy Syafaah, Lampung Tengah, Provinsi Lampung

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *