Dosen STISDA Lampung Tengah Ikuti FGD di IAIN Metro

CategoriesWarta KampusTagged ,

KOTA METRO – Bertempat di Ruang Munaqasyah Lantai 3 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Metro, 2 (dua) dosen Perguruan Tinggi Nahdlatul Ulama (PTNU) yakni Sekolah Tinggi Ilmu Syari’ah Darusy Syafa’ah (STISDA) Lampung Tengah, mengikuti agenda Focus Group Discussion (FGD) Peninjauan Kurikulum Program Studi, pada Selasa – Rabu, (14-15/11/2023).

Hal tersebut disampaikan dosen sekaligus Ketua Program Studi Ekonomi Syariah STISDA Lampung Tengah, Arif Ismunandar, M.M, disela – sela mengikuti kegiatan tersebut, Rabu (15/11/2023) siang, di ruang Munaqasyah Lantai 3 Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam IAIN Metro.

“Utusan dari STISDA Lampung Tengah yang mengikuti Focus Group Discussion (FGD) Peninjauan Kurikulum Program Studi pada hari ini, saya bersama Ketua P3M STISDA Lampung Tengah, Chamdini Putri, M.E,” tambahnya.

Alumnus UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta ini menambahkan, agenda akademik ini dilaksanakan oleh Fakultas Ekonomi Dan Bisnis Islam (FEBI) IAIN Metro, dengan menghadirkan narasumber yang berkompeten pada ahlinya, yaitu; Prof. Een Yayah Haenilah, M.Pd dari Universitas Lampung (UNILA), Rofiq Kautsar sebagai Direktur Utama Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Aman Syariah, dan Kamino, S.E.I  sebagai Direktur  Utama BPRS Metro Madani, kedua pemateri terakhir tersebut juga tergabung sebagai perwakilan ASBISINDO Propinsi Lampung.

Prof. Een Yayah Haenilah, M.Pd dari Universitas Lampung (UNILA), menyampaikan, bahwa kurikulum menjadi nilai jual alumni dalam menghasilkan lulusan yang siap kerja. salah satu sistem yang dapat diterapkan yaitu dengan Outcome Based Education (OBE).  Outcome Based Education (OBE) merupakan sistem pendidikan yang yang dapat diterapkan pada tataran perguruan tinggi, fokus utama OBE yaitu pada pencapaian pembelajaran dimana pendidikan tidak hanya berpusat pada materi yang harus diselesaikan namun juga outcome.

Rofiq Kautsar sebagai Direktur Utama Bank Perkreditan Rakyat Syariah (BPRS) Aman Syariah, menyampaikan, bahwa sebaiknya perguruan tinggi dan fakultas membekali para lulusan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam dengan kemampuan yang dapat diaplikasikan langsung di dunia kerja, salah satunya dengan menghadirkan para praktisi dibidangnya pada agenda-agenda resmi sebagai bentuk tanggung jawab terhadap para lulusan.

Kamino, S.E.I  sebagai Direktur  Utama BPRS Metro Madani, menyampaikan, banyak para alumni bidang ilmu Syari’ah perlu dibekali ilmu-ilmu teori dan praktik sehingga dapat diaplikasikan langsung didunia kerja. mulai dari membuat surat lamaran kerja yang baik dan benar, sehingga para calon pelamar memahami betul latar belakang perusahaan yang akan dilamarnya. akan menjadi nilai plus apabila calon pelamar dapat memahami hal tersebut.

(HUMAS) 

About the author

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *